Shalat Berjamaah Kementrian BUMN Shaf Diatur Menurut Jabatan. Astagfirullah Musibah

Memang kita ketahui Islam di Indonesia beraneka warna, tidak bersatu, baik itu dalam hal berjamaah shalat dan hal-hal lain yang mempuny...



Memang kita ketahui Islam di Indonesia beraneka warna, tidak bersatu, baik itu dalam hal berjamaah shalat dan hal-hal lain yang mempunyai pemahaman berbeda. Namun kali ini kita ambil perbedaan pandangan dalam shalat berjamaah saja. Ada mereka yang merapatkan barisan dengan menempelkan kaki. Ada yang cukup rapat tapi meskipun begitu tidak sampai menempel kaki-kakinya.
Namun ada suatu kejadian yang benar-benar diluar ajaran muslim pada umumnya. Dimana ini belum pernah kita temui sebelumnya di ajaran Islam manapun di Indonesia.

Dikutip dari sebuah akun facebook bernama Eka Bagus, sebuah jamaah yang kemungkinan adalah shalat Jum'at yang baru saja berlangsung hari ini (17/03/2017). Di tengah jamaah itu diberikan tulisan khusus siapa yang akan menempati shaft tersebut. Walhasil jamaah itupun banyak yang longgar baik di samping kanan kiri dan didepan jamaah yang sudah datang dan melakukan shalat sunnah.

Kejadian pasti shalat jamaah ini masih belum diketahui tempatnya. Karena akun Eka Bagus belum menjawab perihal tempat dimana ia mengambil gambar ini. Berikut foto yang diposting Eka Bagus 2 jam yang lalu dengan caption.

Baca Juga: Bukan Menakuti Siksa Neraka, Tapi Begini Mengajarkan Anak agar Kecanduan Shalat

"Yang datang duluan ke masjid itulah yg mengisi shaf terdepan karena mengejar keutamaannya,,,bukannya malah ngetag tempat , ga peduli jabatan didunianya apa — feeling angry."

Dalam foto tersebut memang shaf telah ditempeli banyak kertas bertuliskan "SHAF KHUSUS DIREKSI, KOMISARIS & KEMENTRIAN BUMN".

Dan pastinya anda bisa membaca bagaimana reaksi netizen,

"waduh parah banget, ntar booking tempat di surga lagi, surga khusus direksi, komisaris dan kementrian bumn" ujar akun Pramudya Ksatria Budiman.

Nugroho Wicaksono "Innalillahi, sudah dikapling gitu. Semoga Allah memberikan hidayah kepada bapak yang mengkapling shaf ini".

Teli Kusmanadewi "Ko lucu yah.. Tp tetep yg dcatet sm malaikat itu yg duluan dtg kn yah?".

Dan masih banyak lagi komentar lainnya.
Nah bagaimana hukum shalat berjamaah seperti ini?
Dari Abu Mas’ud al Badri, ia berkata: Dahulu Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam biasa mengusap bahu-bahu kami, ketika akan memulai shalat, seraya beliau bersabda: “Luruskan shafmu dan janganlah kamu berantakan dalam shaf; sehingga hal itu membuat hati kamu juga akan saling berselisih”. (Shahih: Muslim no. 432).

Dan dari Nu’man bin Basyir, ia berkata: Aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Hendaklah kamu benar-benar meluruskan shafmu, atau (kalau tidak; maka) Allah akan jadikan perselisihan di antaramu. (Muttafaq ‘Alaihi: Bukhari no. 717 dan Muslim no. 436).

Permasalahan ini sebenarnya telah di bahas oleh para ulama di dalam kitab fikih di dalam bab “صلاة الشحص خلف الصفوق وحده ” (Sholat seseorang yang sendirian pada shaf), dan telah di jelaskan pula akan kewajiban melaksanakan sholat berjamaah dengan beserta segala keutamaannya dan kewajiban untuk merapatkan shaf, tanpa ada celah sedikit pun untuk dilewati oleh syaitan.

Namun terkadang suatu kondisi yang menyebabkan kita sholat sendiri di belakang shaf, karena tidak adanya celah untuk masuk ke dalam shaf, maka dalam hal ini boleh kita melaksanakan shalat di belakang shaf seorang diri dengan harapan ada yang datang, disebabkan karena adanya uzur yaitu tidak adanya celah lagi untuk masuk ke dalam shaf.

Namun apabila ada celah untuk masuk ke dalam shaf, tetapi dia masih tetap shalat di belakang shaf maka sholatnya tidak sah, karena tidak adanya uzur, sebagaimana telah masyhur di kalangan ahli usul akan kaidah ini yaitu “لا واجب مع عذر” (Kewajiban gugur jika ada uzur) dan insya Allah inilah pendapat yang lebih hati-hati di dalam permasalahan ini dari dua pendapat para ulama yang ada, dan ini sebagaimana dipilih Syaikh Utsaimin di dalam kitabnya Majmu Fatawa (15/176-206), Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah di dalam Majmu Fatawa-nya serta Syaikh As Sa’di.

Wallahu a’lam bisshawab.[Sumber : wajibbaca.com]

loading...

COMMENTS

Nama

Ekonomi Hukum Internasional Kesehatan Kriminal Lowongan Kerja Militer Nasional Pendidikan Peristiwa Politik Religi Selebriti Sepakbola Serba Serbi Teknologi Tips Video
false
ltr
item
Info Indonesia: Shalat Berjamaah Kementrian BUMN Shaf Diatur Menurut Jabatan. Astagfirullah Musibah
Shalat Berjamaah Kementrian BUMN Shaf Diatur Menurut Jabatan. Astagfirullah Musibah
https://2.bp.blogspot.com/-Gnkr3YWR6X8/WMuWBo8wEZI/AAAAAAAAIE0/u3CcCxlg3z4Bfb1tG9YD9QTIM27YKs3eACLcB/s640/Gratis%2Bmasuk%2Breal%2Bestate.png
https://2.bp.blogspot.com/-Gnkr3YWR6X8/WMuWBo8wEZI/AAAAAAAAIE0/u3CcCxlg3z4Bfb1tG9YD9QTIM27YKs3eACLcB/s72-c/Gratis%2Bmasuk%2Breal%2Bestate.png
Info Indonesia
http://medolnews.blogspot.com/2017/03/shalat-berjamaah-kementrian-bumn-shaf.html
http://medolnews.blogspot.com/
http://medolnews.blogspot.com/
http://medolnews.blogspot.com/2017/03/shalat-berjamaah-kementrian-bumn-shaf.html
true
7581254029052338403
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy