Rudal Buatan China Telat Meledak, TNI Harus Evaluasi Alutsista



Insiden telat meluncut rudal C705 saat diluncurkan KRI Clurit 641 dalam latihan gabungan militer XXIV/2016 di Perairan Banongan, Situbondo, Jawa Timur mendapat sorotan banyak kalangan.

Insiden itu dinilai harus dijadikan trigger atau pemicu melakukan uji kelayakan secara komprehensif bagi matra terkait dan semua matra TNI terhadap alat utama sistem persenjataan (alutsista).

‎"Karena hal ini bisa berdampak kurang baik bagi keinginan kita memiliki efek gentar (deterent effect) di kawasan‎," kata pengamat pertahanan Susaningtyas Kertopati‎ kepada SINDOnews, Jumat (16/9/2016).

Mantan Anggota Komisi I DPR yang akrab disapa Nuning ini berpendapat, ada variabel ukuran layak atau tidaknya untuk membeli alutsista.

"‎Bila hal kemarin (rudal telat meledak) bisa terjadi, harus dipertanyakan itu karena alutsistanya yang kualitasnya kurang baik atau kesalahan perwira pengawalnya sebagai human error," pungkasnya.

Seperti diberitakan beberapa media online, rudal C705 terlambat meledak saat puncak latihan perang TNI AL, Armada Jaya XXXIV 2016 di Perairan Banongan, Situbondo, Rabu 14 September lalu. Padahal peluncuran rudal disaksikan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi).[Sumber : sindonews.com]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NO EDIT! TANGAN BU GURU INI JADI 3 SAAT BERFOTO DI KERETA KENCANA

VIDEO DETIK-DETIK PNS SELINGKUH DIGEREBEK SUAMI SENDIRI, TERNYATA SUDAH TIGA KALI...

Minta Uang RP 200rb Kepada Sopir Pengangkut Barang Seorang Polisi Nyaris Tewas Di Bacok